Kamis, 07 Januari 2010

Review Ujian Tengah Semester

3)Perbedaan mendasar dari Komputer serba guna (General Purpose) & Komputer Khusus
(Special Purpose)
- General Purpose Computer : Komputer ini dirancang untuk menyelesaikan bermacam masalah, dapat menggunakan beberapa program yang dapat menyelasaikan jenis permasalahan yang berbeda, karena komputer ini tidak dirancang untuk masalah secara khusus.misalnya aplikasi bisnis, teknik, pendidikan, pengolahan kata, permainan dll
General-Purpose Komputer dapat berupa kompuer digital maupun komputer analog, tetapi pada umunya komputer digital adalah general-purpose computer.
- Special-purpose Computer : Digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan atau aplikasi khusus.Special-purpose pada awalnya merupakan General-Purpose yang digunakan secara khusus dan disesuiakan dengan konfigurasi ataupun peralatan didalamnya yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa,,

4) Data : Representasi dari suatu Masalah atau dari suatu kejadian,, Data itu sendiri bisa berupa data kualitatif (berupa Informasi) dan data kuantitatif(yang bisa dihitung / terukur)
Informasi : Informasi adalah data yang telah diolah menjadi sebuah bentuk yang berarti bagi
penerimanya dan bermanfaat bagi pengambilan keputusan saat ini atau saat mendatang.
Informasi merupakan kumpulan data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi yang menerima.

5) Kontribusi teknologi informasi modern yang menyebabkan makin singkatnya batas waktu transaksi bisnis memiliki dampak positif namun juga memiliki dampak negatif.

Adapun dampak positifnya antara lain :

1. Transaksi bisnis dapat berjalan dengan lancar dan lebih cepat dibandingkan sebelum adanya teknologi informasi modern.
2. Dapat meningkatkan penjualan dikarenakan jangka waktu transaksi maupun promosi jadi lebih singkat.
3. Lebih mudah dan praktis.
4. Biaya bulanan lebih murah. Jika dibandingkan dengan transaksi bisnis yang tidak menggunakan teknologi informasi modern,

Dampak negatifnya antara lain :

1. Masalah keamanan.
2. Perangkat lunak yang belum mapan atau tidak tersedia.
3. Perangkat keras yang cukup mahal harganya.
6.Rekayasa dan pemodelan sistem/informasi. Karena perangkat lunak selalu merupakan bagian dari sebuah sistem yang lebih besar, kerja dimulai dengan membangun syarat dari semua elemen sistem dan mengalokasikan beberapa subset dari kebutuhan ke perangkat lunak tersebut.

Analisis kebutuhan perangkat lunak. Proses pengumpulan kebutuhan diintensifkan dan difokuskan, khususnya pada perangkat lunak. Untuk memahami sifat program yang dibangun, perekayasa perangkat lunak (analis) harus memahami domain informasi, tingkah laku, unjuk kerja, dan antar muka (interface) yang diperlukan. Kebutuhan baik untuk sistem maupun perangkat lunak didokumentasikan dan dilihat lagi dengan pelanggan.

Desain. Desain perangkat lunak sebenarnya adalah proses multi langkah yang berfokus pada empat atribut sebuah program yang berbeda; struktur data, arsitektur perangkat lunak, representasi interface, dan detail (algoritma) prosedural. Proses desain menerjemahkan syarat/kebutuhan ke dalam sebuah representasi perangkat lunak yang dapat diperkirakan demi kualitas sebelum dimulai pemunculan kode. Sebagaimana persyaratan, desain didokumentasikan dan menjadi bagian dari konfigurasi perangkat lunak.

Generasi Kode. Desain harus diterjemahkan ke dalam bentuk mesin yang bisa dibaca. Langkah pembuatan kode melakukan tugas ini. Jika desain dilakukan dengan cara yang lengkap, pembuatan kode dapat diselesaikan secara mekanis.

Pengujian. Sekali kode dibuat, pengujian program dimulai. Proses pengujian berfokus pada logika internal perangkat lunak, memastikan bahwa semua pernyataan sudah diuji, dan pada eksternal fungsional – yaitu mengarahkan pengujian untuk menemukan kesalahan-kesalahan dan memastikan bahwa input yang dibatasi akan memberikan hasil aktual yang sesuai dengan hasil yang dibutuhkan.

Pemeliharaan. Perangkat lunak akan mengalami perubahan setelah disampaikan kepada pelanggan. Perubahan akan terjadi karena kesalahan-kesalahan ditentukan, karena perangkat lunak harus disesuaikan untuk mengakomodasi perubahan-perubahan di dalam lingkungan eksternalnya, atau karena pelanggan membutuhkan perkembangan fungsional atau unjuk kerja. Pemeliharaan perangkat lunak mengaplikasikan lagi setiap fase program sebelumnya dan tidak membuat yang baru lagi

Tidak ada komentar:



















Mengenai Saya

Foto saya
Jakarta City, DKI Jakarta, Indonesia
Jerry